Cara membersihkan Laptop Agar awet

Cara membersihkan Laptop Agar awet

Cara membersihkan laptop sebenarnya relatif sangat mudah, tetapi anda juga harus memperhatikan langkah-langkah yang harus anda lakukan agar ketika anda membersihkan laptop tidak menimbulkan goresan pada laptop.Terkadang seseorang menilai diri kita dari apa yang harus biasa kita bawa, termasuk laptop. Jika keadaan laptop kita kotor dan tak terawat, maka kebanyakan orang akan beranggapan bahwa kita tidak bisa merawat diri serta begitu pula sebaliknya. Apabila kita salah satu pengguna laptop yang masih merasa bingung bagaimana cara membersihkan laptop yang harus benar, silahkan simak uraian di bawah ini.

1. Langkah pertama mengenai adalah matika laptop kita. Setelah benar-benar mati, cabut semua kabel yang harus terhubung dengan laptop kita. Dalam proses membersihkan, sebaiknya kita mengikuti saran produsen tentang bagaimana cara membersihkan laptop yang harus benar.

2. Membersihkan Keyboard
Keyboard laptop merupakan bagian yang paling sering kotor. Entah itu dari minyak yang berminyak, remah-remah biskuit, abu rokok, maupun debu. Cara membersihkan cukup mudah, ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol bagi mengeluarkan kotoran. Namun, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner portabel yang banyak tersedia di toko-toko aksesoris komputer dan biasanya berkoneksi USB. Bersihkan permukaan tombol kibor dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung kibor bagi mencegah kotoran. Harganya murah kok. Sekitar 50 ribu doank.

3.Ambil kain bersih dan lembut, basahi dengan sedikit air suling bagi membersihkan layar laptop kita. Jangan biasakan menggunakan alkohol maupun zat lain yang mengandung amoniak.Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, gunakanlah pembersih kaca. Semprotkan pada kain yang halus dahulu baru kemudian melapnya pada layar laptop. sebab apabila langsung menyemprotkannya pada layar LCD (Liquid Crystal Display) maka akan membuat belang. Cara membersihkannya pun ada aturan. Bersihkanlah dengan satu arah, misalnya dari kiri ke kanan, maupun dari atas ke bawah. serta ingat, jangan menekannya terlalu keras.

4.Jangan pernah menyemprotkan cairan langsung ke laptop kita. Gunakan kain yang berbulu, jangan gunakan tisu wajah maupun kain yang kasar sebab dapat membuat laptop kita tergores, terutama pada bagian LCD kita harus hati-hati dalam melakukan cara membersihkan laptop sebab bagian ini lunak serta mudah tergores. Gunakan kain yang biasa kita gunakan untuk membersihkan kacamata.

4. Hindari Panas Matahari
Ingat, jangan meninggalkan notebook di dalam mobil, sebab selain mengundang orang untuk mencurinya, mobil yang diparkir di bawah panas matahari akan meningkatkan suhu di dalam mobil serta dampaknya bisa merusak komponen-komponen laptop.

6.apabila produsen laptop merekomendasikan, bersihkan partikel debu dengan sikat gigi maupun vacum. Tetapi biasanya untuk vacum tidak direkomendasikan sebab dapat merusak komponen elektronik dalam laptop kita.

7.Menghindari Goresan
Jauhkan notebook dari benda-benda yang tajam. Usahakan menaruh lapisan pelindung berupa kain maupun busa sebelum menutup laptop. sebab tombol keyboard yang keras, bisa merusak monitor si laptop. serta apabila ingin bepergian, sebaiknya gunakanlah tas khusus notebook. sebab tas ini biasanya didesain untuk keamanan notebook itu sendiri. Biasanya terdapat beberapa sekat yang dapat membuat aman notebook dari goresan serta tekanan.

8. Apabila tombol pada keyboard kita ada yang macet, bersihkan dengan kapas yang sudah dicelupkan dalam cairan pembersih. Namun, sebelumnya pastikan bahwa kunci tombol keyboard kita benar-benar dapat dilepas serta dibersihkan yaitu dengan melihat buku peunjuk manual pada laptop kita.

9. Case Cemerlang
Tangan yang kotor serta berminyak bisa membuat case notebook tak secemerlang ketika kita membelinya dulu. Untuk membersihkannya, kita bisa menggunakan deterjen tanpa zat alkalin yang dicampur dengan air. maupun kalau ga mau repot pakai aja pembersih multiguna yang biasa digunakan peranti elektronik. serta biasanya isinya berupa busa. Semprotkan ke kain lap lembut, kemudian gosok secara perlahan permukaan case.

10. Menyimpan Notebook
Bila kita akan menyimpan notebook dalam waktu yang lama, sebaiknya lepaskan baterai serta simpan dalam tempat yang sejuk serta kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Letakkan silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi serta mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *