Cara membuat makanan sehat

Cara membuat makanan sehat

Tanpa makanan, tubuh pasti akan kekurangan tenaga. Oleh sebab itu anda perlu menjaga asupan makanan. Tidak hanya cukup makan secara kuantitas, namun anda perlu mengkonsumsi makanan sehat. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips untuk membuat makanan sehat:
Untuk membuat makanan sehat, yang terpenting adalah anda harus mengurangi porsi lemak. Jika anda hobi menggoreng makanan, sebaiknya hindari memakai terlalu banyak minyak. Lemak bisa ditemukan ada banyak bahan makanan, seperti keju, susu, telur, lemak, dll.
Tubuh memang memerlukan lemak, namun anda sebaiknya tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu pilihlah sumber lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun karena ini lebih sehat. Jika memungkinkan, hindari terlalu sering menggoreng makanan, lebih baik anda mengolah dengan cara lain, seperti merebus, mengukus, memanggang, atau yang lainnya.
Untuk membuat makanan sehat, kurangi konsumsi garam. Memang masakan terasa kurang enak jika belum ditambahkan garam. Kebanyakan resep masakan menyarankan kita untuk memakai garam saat memasak. Garam memang penting bagi tubuh, namun jika berlebihan justru bisa menimbulkan penyakit. Sebaiknya ganti garam dengan bumbu lain yang memiliki rasa serupa.
Gula juga bisa tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Bahan makanan biasanya selalu diperlukan untuk membuat kue dan snack lainnya. Karena rasanya enak, orang sering tidak sadar mengkonsumsi terlalu banyak gula setiap hari.
Sebaiknya hindari memakai terlalu banyak gula saat memasak. Kue-kuean memerlukan banyak sekali gula. Mengkonsumsi terlalu banyak gula akan membebani kerja ginjal yang pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit diabetes.
Pilihlah makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan. Atau anda bisa mengganti gula biasa dengan gula rendah kalori yang sudah banyak tersedia saat ini.
Yang juga penting untuk membuat makanan sehat adalah cukupi kebutuhan serat. Ada banyak makanan berserat yang bisa kita temukan sehari-hari, misalnya nasi merah atau roti gandum. Mengkonsumsi serat akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Serat juga banyak terdapat pada sayur-sayuran.
Mengkonsumsi serat tidak hanya bisa membuat perut anda kenyang lebih lama, namun juga penting untuk memelihara kesehatan pencernaan.
Jika anda memasak daging, maka bagian yang berlemak sebaiknya disingkirkan. Hampir semua daging ada lemaknya, namun banyak dari kita yang mengkonsumsinya karena rasanya enak. Terkadang makanan enak dan sehat berseberangan, dalam artian ada beberapa makanan enak yang tidak sehat.
Jadi jika anda ingin senantiasa fit setiap waktu, maka sebisa mungkin hindari makanan berlemak. Tambahkan kacang-kacangan karena ini merupakan sumber lemak yang sehat.
Kunci membuat makanan sehat lainnya adalah pada saus. Jika anda terbiasa membuat krim dari susu, sebaiknya ganti dengan alternatif yang lebih sehat, yaitu susu skim dan susu rendah lemak.
Jika anda suka dengan citarasa asam, anda bisa memilih yogurt rendah lemak. Yogurt memiliki citarasa yang khas, namun memilih versi yang rendah lemak tidak akan mempengaruhi rasa. Anda bisa memakainya untuk membuat puding dan berbagai jenis kue lainnya.

Keju adalah makanan favorit semua orang. Seperti yang kita singgung sebelumnya, keju seringkali mengandung banyak lemak sehingga bisa membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Jika anda terbiasa memakai keju untuk memasak, sebaiknya pilih versi rendah lemaknya.

Dari berbagai macam keju, kami sarankan agar anda mencoba keju cheddar dan blue cheese. Keduanya memiliki citarasa yang nikmat dan cocok untuk ditaburkan di atas makanan. Anda hanya perlu menambahkan sedikit keju dan ini sudah cukup untuk mempengaruhi rasa.

Tidak hanya diparut dan ditaburkan, namun anda juga bisa memasukkannya langsung ke dalam masakan.Sekian informasi tentang cara membuat makanan sehat. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *