Cara membuat telur asin

Cara membuat telur asin – Telur merupakan sumber protein yang menyumbangkan pemenuhan gizi yang baik untuk masyarakat. Telur mudah diolah dan dicerna. Telur juga memiliki rasa yang nikmat dan gurih. Kandungan gizi dalam sebutir telur sangat baik untuk mengawal tumbuh kembang anak-anak. Telur juga dianjurkan bagi mereka yang sedang memulihkan kesehatan dan sedang menjalani kehamilan. Sayangnya, dengan sejuta manfaat dan peruntukan, telur cenderung mudah untuk rusak baik itu cangkang telur maupun bagian dalam telur. Karenanya, perlu perlakuan yang hati-hati. Ada banyak cara yang dilakukan agar kualitas telur tetap terjaga. Salah satunya dengan mengasinkan telur. Adapun cara membuat telur asin, akan diurai pada paragraph berikut.

Persiapan Awal
Sebelum melakukan pengasinan telur, Anda harus memastikan telur yang Anda gunakan masih baik. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam telur di air. Pilihlah telur yang tenggelam ke dasar wadah sebab hal tersebut pertanda kualitas telur masih layak untuk dikonsumsi. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan yang hendak dipakai. Namun bahan-bahan ini teragntung lagi pada cara pembuatan telur asin yang Anda pilih.
Metode Pembuatan Telur Asin
Secara umum, cara membuat telur asin bisa melalui tiga metode yakni perendaman dalam larutan garam, pemeraman dengan adonan garam serta perendaman dengan adonan garam. Ketiga cara ini bisa Anda pilih yang mana yang menurut Anda mudah untuk dilakukan.
  1. Metode pertama dengan melakukan perendaman telur pilihan dalam larutan garam. Prosedurnya dimulai dengan merendam telur berkualitas dalam larutan air garam yang sudah bersuhu dingin. Lama perendaman sekitar tujuh hingga sepuluh hari. Cara ini merupakan metode pembuatan telur asin yang paling mudah san sederhana. Meski demikian, kulaitas rasa yang dihasilkan cukup baik.
  2. Metode selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan melakukan pemeraman telur menggunakan adonan garam. Adonan ini bisa berupa campuran bubuk bata merah dan garam, ataukah campuran abu gosok dan garam. Cara membuat adonan ini cukup sederhana. Campurkan bubuk bata merah ataupun abu gosok dengan garam bubuk dalam suatu wadah. Setelah itu tambahkan air secukupnya sampai membentuk adonan pasta. Setelah itu balurkan ke seluruh permukaan telur dan simpan dalam wadah seperti ember. Lama penyimpanan bisa berkisar antara satu minggu hingga dua minggu. Bagi Anda yang menyukai rasa asin yang tak berlebihan, sebaiknya panen telur asin Anda setelah masa tujuh hari.
  3. Cara membuat telur asin yang terakhir adalah denga merendam telur pada adonan garam. Cara ini jauh lebih praktis sebab Anda tak perlu lagi membaluri satu per satu butiran telur Anda dengan adonan garam. Pada metode ini, yang Anda lakukan hanya menyusun secara hati-hari telur dalam sebuah wadah. Setelah itu tuangkan adonan garam yang telah menyerupai pasta ke dalam wadah tadi. Usahakan semua telur tertimbun dengan sempurna. Setelah itu tutup wadan dan tunggu masa panen tujuh atau sepuluh hari lagi. Perlu Anda ketahui, pada metode ini, adonan garam yang Anda buat haruslah lebih banyak dibandingkan adonan pada metode kedua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *