Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terdeteksi

Mediabima.com – Memperbaiki hardisk tidak terdeteksi akan membantu anda menyelamatkan seluruh data yang tersimpan didalamnya. Selain itu, cara ini juga akan menghindarkan anda untuk membeli hardisk yang agak mahal apalagi isinya yang tak ternilai bagi anda. #tips #cara

Berikut ini solusi yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki hardisk yang tidak terdeteksi lagi.

Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terdeteksi

  1. Kotak dialog. Biasanya kotak dialog selalu muncul yang mengatakan bahwa drive anda butuh diformat. Jangan klik “Yes” untuk urusan ini, karena ini menghindikasikan bahwa drive anda akan diformat dan data – data pasti hilang. Perlu anda pahami bahwa saat hardisk berhasil diselamatkan, tidak semua data yang ada akan utuh seperti semula, beberapa hilang.
  2. Klik ‘start’, ‘my computer’ atau ikon ‘computer’ dan muncul nama hardisk. Pilih ‘properties’ untuk hardisk yang rusak. Lompat ke langkah 5 jika tidak terbaca.
  3. ‘Properties’, ‘tools’ dan pilih ‘check now’ pada ‘error checking’. Centang pada pop – up window yang mempertanyakan ‘apakah anda ingin windows memperbaiki eror?’dan centang juga kotak yang bertuliskan ‘scan for and attempt recovery of bad sectors’. Setelah itu, klik ‘start’ dan klik ‘no’ bila diminta format.
  4. Jika gagal, gunakan command prom. Klik ‘start  run  CMD’ atau ketik ‘CMD’ setelah ‘start’.
  5. Jika sudah demikian, akan muncul window command prompt. Ketik nama drive yang rusak dengan menambahkan tanda titik dua. Seperti contoh, disk yang rusak adalah G maka ketikkan G: dan tekan ‘enter’. Lantas, akan muncul peringatan “The system cannot find the drive specified” karena ada kerusakan pada hard disk tersebut.
  6. Ketik ‘chkdsk’ di command prompt dan tunggu hingga selesai proses deteksi pada error hard disknya. Cara ini biasanya tidak lama. Saat muncul error yang dideteksi oleh windows, biasanya windows memberikan pilihan untuk memperbaiki. Tekan ‘Yes’.

Itulah langkah langkah yang perlu dilakukan sebagai Cara memperbaiki hardisk tidak terdeteksi, semoga bermanfaat ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *