Cara merawat kucing

Cara merawat kucing

Merawat kucing Maine Coon
tidak hanya menyerahkan pengawasan dan perawatan tanpa kedekatan pemilik dengan kucingnya. Kebanyakan orang salah perlakuan setelah memiliki Maine Coon yaitu menyerahkan pengawasan serta perawatan kepada karyawan atau pekerja. Kedekatan pemilik serta perhatian penuh itu sangat dibutuhkan oleh kucing ini, walaupun mereka sangat tidak suka untuk dimanja Rasa penasaran mereka besar sekali Karena itu, jangan heran jika mereka
akan mengikuti gerak gerik anda Kemanapun anda melangkah…

Grooming
Kebanyakan kucing melakukan pekerjaan yang baik dalam hal perawatan diri dan menjaga kebersihan tubuhnya. Maine Coon adalah jenis kucing berambut semi longhair, sehingga Anda perlu untuk membantu menyisir bulunya dengan teratur. Hal ini akan bermanfaat untuk beberapa alasan, yakni mengurangi kerontokan dan pembentukan hairballs.

Menyisir

Menyisir juga akan membantu menjaga bulunya bersih dan halus, serta mengurangi risiko terjadinya penggumpalan. Kami merekomendasikan sisir yang berasal dari bahan metal karena dapat membantu mengurangi kekusutan pada bulu.

Memandikan

Mandi biasanya tidak akan diperlukan kecuali kucing benar-benar kotor. Kucing Maine Coon juga kadang tidak terlalu suka bila sering2 dimandikan jadi lakukan hanya ketika benar-benar diperlukan.

Pemberian Makanan
Makanan dan air sangat penting bagi kesehatan kucing Maine Coon. Jadi anda harus menyediakan pasokan makanan segar dan air untuk kucing anda secara terus-menerus. Umumnya makanan dan air harus diganti dengan yang masih fresh setidaknya sekali sehari, dan lebih sering untuk beberapa kucing dengan situasi yang berbeda.

Sebuah formula makanan sehat kering disarankan sebagai bagian dari diet utama, sementara makanan basah dapat diberikan di antara atau sesering mungkin bila merasa diperlukan. Ada baiknya bekerja sama dengan dokter hewan langganan anda, semakin sering semakin baik. Semua itu tergantung pada kebutuhan diet khusus dari  kucing Maine Coon anda.

Air harus bersih dan suhu kamar juga sejuk. Biasanya wadah air lebih sering kotor karena rambut atau sampah lainnya, jadi pastikan Anda membersihkan mangkuk utama sesering mungkin.

PASIR
Anda harus membeli kotak sampah terbesar yang dapat ditemukan khusus untuk  Maine Coon anda. Toko hewan peliharaan (pet shop) umumnya memiliki pilihan yang lebih baik daripada di pasar. Belanja via internet juga merupakan tempat yang bagus untuk menemukan kotak yang lebih besar. Mereka adalah kucing besar, dan pasti lebih menyukai ruang ekstra. Jika anda memiliki lebih dari satu kucing, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa kotak, atau pastikan bahwa satu kotak ukuran ekstra besar sehingga mereka nyaman untuk berbagi.

Ketika memilih pasir, kami sangat menyarankan agar Anda menggunakan jenis yang tidak menggumpal. Baru-baru ini, ada banyak laporan tentang bahaya pasir yang menggumpal, bilamana tertelan maka dapat menyebabkan penyumbatan internal dan masalah kesehatan lain yang terkait. Hal itu beresiko pada Maine Coon anda, mengakibatkan berkembangnya masalah kesehatan yang serius. Tidaklah sebanding dengan risikonya jika anda menggunakan jenis pasir  yang lebih nyaman. Sebuah sendok plastik akan menjadi teman terbaik Anda!

Pastikan untuk menempatkan kotak pasir di daerah yang tenang dan terpencil dari rumah Anda. Kucing adalah makhluk yang sangat pribadi, dan tidak menyukai kebisingan. Jika anda mempunyai anak kucing, pastikan sudah dilatih buang air di dalam pasir mereka.

Perawatan Gigi
Menyikat gigi Maine Coon dari bukan hal termudah untuk dilakukan, tapi direkomendasikan untuk dilakukan karena dapat mencegah penyakit gigi dan gusi. Penyakit periodental merupakan penyebab utama masalah kesehatan pada kucing, dan tidak diobati dapat menyebabkan masalah organ dan bahkan kematian. Ada beberapa produk yang tersedia untuk membantu Anda menyikat gigi kucing, seperti sikat kecil yang bisa dimasukkan di jari, untuk makanan kucing ada yang di formulasi sehingga dapat membantu mengurangi pertumbuhan plak, ada juga cairan yang mengandung fluoride khusus yang dicampurkan ke dalam air minum kucing.

Jika Anda tidak menyikat gigi kucing setiap hari, maka anda harus memastikan bahwa pemeriksaan gigi dilakukan pada saat kucing tersebut dibawa ke dokter hewan, dan membersihkan gigi mungkin salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghindari masalah kesehatan.

Hairballs
Kucing Maine Coon adalah kucing yang sangat besar yang memiliki mantel bulu yang lebat dan tebal.. Pastikan untuk memiliki obat hairball di tangan. Hal ini akan melonggarkan hairballs dan membantu untuk menyingkirkannya secara alami.

Pilihan lain untuk mencegah hairballs adalah dengan menggunakan formula hairball yang terdapat di dalam makanan kering khusus untuk kucing. Jika mereka makan ini secara teratur, ini akan membantu untuk mencegah pembentukan hairballs secara berkala.

Pemeliharaan Cakar
Kedua cakar di depan dan belakang harus di potong teratur, hal ini dapat membantu mengurangi kerusakan yang tidak diinginkan jika suatu saat kucing tersebut menggaruk-garuk perabotan Anda! Cakar kucing tidak perlu dipotong sesering mungkin hanya seperlunya saja, dan cara terbaik untuk melakukan pendekatan ini adalah dengan menggunakan perangkat alat potong kuku standar untuk kucing. Anda cukup tekan pada bagian bawah kaki mereka untuk menyebarkan jari-jari kaki terpisah dan potong bagian kuku yang diperlukan. Jika Anda sudah terbiasa memotong kuku kucing anda dari hari ke hari, maka itu akan menjadi tugas yang mudah dan teratur untuk dilakukan

Beberapa pemilik kucing memilih untuk menghilangkan (mencabut) kuku mereka, sebagai pilihan lebih mudah daripada harus berurusan dengan kerusakan yang tidak diinginkan akibat cakaran yang dilakukan oleh kucing tersebut. Ini adalah masalah yang sangat emosional. Kami biasanya tidak menganjurkan untuk mencabut semua kuku kucing kecuali ada alasan yang sangat baik untuk melakukannya, seperti memiliki bayi di rumah. Karena hal ini telah terbukti sangat menyakitkan bagi seekor kucing, dan itu saja mungkin tidak layak dan tidak bermanfaat apapun bagi kucingnya sendiri.

Bahkan jika anda memeliharanya di dalam ruangan alias indoor (yang sangat kami sarankan), maka Anda harus melakukan kunjungan rutin ke dokter hewan. Umumnya sekali atau dua kali dalam setahun. Anda mungkin juga perlu meminta vaksin rabies bila diperlukan atau suntikan booster, ataupun melakukan pemeriksaan terkait dengan masalah kesehatan kucing yang lain (jika ada)

Pertimbangan Lain
Membangun hubungan baik dengan dokter hewan setempat akan membantu anda dalam menangani masalah dan juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan pertanyaan atau masalah anda dijawab dengan cepat oleh seorang profesional dibidangnya.

Melihat kebutuhan fisik dasar Maine Coon anda, setidaknya anda perlu melihat-lihat dan memeriksa lingkungan di mana ia akan hidup. Apakah aman dan bebas dari bahaya potensial? Anak kucing yang masih kecil lebih sering untuk mengeksplorasi (mirip anak-anak), dan bisa masuk ke tempat-tempat yang  tidak seharusnya mereka ada disana. Pastikan untuk menutup tempat-tempat terbuka di mana kucing yang lebih kecil mungkin bisa terjebak.

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, pastikan untuk mengawasi mereka dalam berinteraksi dengan kucing Maine Coon anda, sampai kedua pihak telah mengenal dan menyesuaikan satu sama lain. Anak-anak kecil memiliki kecenderungan untuk berperilaku kasar kepada hewan tanpa menyadarinya, dan kucing anda mungkin tidak menyukai  hal itu. Ketika membawa pulang kucing baru, apakah itu adalah kucing atau orang dewasa, Anda ingin memastikan bahwa mereka secara bertahap diperkenalkan dengan lingkungan baru secara tenang dan damai.

Anda juga perlu memastikan bahwa kucing Maine Coon tersebut telah memiliki mainan sendiri seperti papan penggaruk,  bola atau tikus. Beberapa furnitur kucing yang tersedia adalah dibuat dengan begitu mengagumkan sehingga dapat membuat kucing anda terhibur dan nyaman di tempatnya

Memiliki kucing Maine Coon bisa menjadi pengalaman indah, tetapi Anda harus meluangkan waktu untuk merawat dengan benar. Jika Anda melakukannya, kucing Maine Coon itu akan menjadi teman seumur hidup anda..~

*-Semoga bermanfaat-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *