Ragam

Macam macam Najis dan Cara Membersihkan/Mensucikannya

Macam Macam Najis

Ada 3 macam najis yang perlu diketahui beserta cara menghilangkan / membersihkan / mensucikannya yaitu; najis Mukhoffafah (ringan), Najis mutawashithoh (Sedang) dan Najis Mughallazhoh (Berat).

1. Najis Mukhoffafah (Ringan)

Yang termasuk dalam najis Mukhoffafah (ringan) adalah air kencing anak laki-laki yang belum berumur dua tahun dan belum makan atau minum sesuatu selain ASI.

Cara menghilangkan najis ringan adalah dengan memercikkan air pada benda yang terkena najis tersebut, sebagaimana sabda Rasul :

“Dibasuh dari kencing anak perempuan dan dipercikkan air dari air kencing anak laki-laki.” (HR. Abu Daud dan An-Nasai).

2. Najis Mutawassithoh (sedang)

Najis mutawashithoh terbagi dua, yaitu :

(1). Najis ‘Ainiyah, yaitu najis mutawashitoh yang masih kelihatan wujudnya, warnanya dan baunya.

Cara membersihkannya dengan menghilangkan najis tersebut dan membasuhnya dengan air sampai hilang warna, bau dan rasanya.

(2). Najis Hukmiyah, yaitu najis yang diyakini adanya tetapi sudah tidak kelihatan wujudnya, warnanya dan baunya. Contohnya adalah air kencing yang sudah mengering.

Cara membersihkannya cukup dengan menggenangi / menyirami air mutlaq pada tempat yang terkena najis hukmiyah tersebut.

3. Najis Mughallazhoh (Berat)

Yang termasuk najis Mughallazhoh (Berat) adalah air liur dan kotoran anjing dan babi.

Cara menghilangkan najis mughollazoh adalah dengan menyuci najis tersebut sebanyak tujuh kali dengan air dan salah satunya dengan memakan debu yang suci.

Rasulullah SAW bersabda :

“Sucinya tempat dan peralatan salah seorang kaamu, apabila dijilat anjing hendaklah dicuci tujuh kali, salah satunya dengan debu (tanah).” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Tinggalkan Balasan

%d